Rabu, 17 Oktober 2012

ARAH POLITIK DALAM PARTAI GOLKAR


MAKALAH

ARAH POLITIK
 DALAM PARTAI GOLKAR

DI
SUSUN
S
U
S
U
N

OLEH :
KELOMPOK
BUNGA BUNGA TERATAI
                                    ANGGOTA                : MAWARDANI
- MAULIDA
- RAUZATUL JANNAH
- MUSLIADI
- SABARULLAH                                          
                         
                                                                       
                                   



SEKOLAH MADRASAH ALIYAH NEGERI
KECAMATAN TANAH JAMBO AYE
KABUPATEN ACEH UTARA
TAHUN PELAJARAN
2011-2012






KATA PENGANTAR

Bismillahirahmanirahim,
Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat tuhan YME, atas terselesaikan Makalah ini.Tentang Arah Politik Dalam Partai Golkar. Selawat     bernada       salam     kita    sanjung sajikan kepada Nabi Muhammad SAW.
Makalah ini kami buat berdasarkan buku penunjang yang miliki.dan untuk mempermudahnya kami juga menyertai berhubungan dengan Belajar Dan Mengajar.
Kami juga berterima kasih kepada guru, Sebagaimana yang telah mendidik kita demi masa depan kami. Dan Juga berterima kasih kepada semua terutama para pembacanya.dan demi perbaikan hasil ringkasan ini,untuk itu saran dan kritik tetap kami nantikan.





                                                                                             Panton Labu,21 Mei 2012
                                                                                                            Disusun,
                                                                                                       
                                                                




BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

          
            Partai politik merupakan organisasi politik yang dapat berperan sebagai penyalur aspirasi masyarakat, dimana partai politik menjadi penghubung antara penguasa dan kuasaan. Adanya partai politik membuat rakyat dapat terlibat secara langsung dalam proses penyelenggaraan negara dengan menempatkan wakilnya melalui partai politik. Secara umum partai politik dikatakan sebagai suatu kelompok yang memiliki tujuan dan cita-cita yang sama, yang berusaha memperoleh kekuasaan melalui pemilihan umum.

            Pengertian partai politik dalam UU No. 31 Tahun 2002 pasal 1 (1) adalah : “Organisasi yang dibentuk oleh sekelompok warga negara Republik Indonesia secara sukarela atas dasar persamaan kehendak dan cita-cita untuk memperjuangkan kepentingan anggota, masyarakat, bangsa dan negara melalui pemilihan umum”.
Partai GOLKAR telah memiliki banyak pengalaman dalam membuat program-program partai, namun pengalaman yang dimiliki partai ini adalah pengalaman dalam situasi dan kondisi yang berbeda dengan yang sekarang berkembang.  Situasi kompetitif dalam merebut hati rakyat memilih Partai GOLKAR sebagai pilihan politiknya berbeda dengan masa orde baru yang telah lalu.  Demikian pula dengan perubahan-perubahan yang harus dimiliki Partai GOLKAR yang telah memiliki paradigma baru.  Saat ini untuk memenangkan hati rakyat pemilih Partai GOLKAR harus mentransformasikan kondisi dirinya menjadi partai politik yang kuat, modern, dan demokratis dan hal ini harus dapat ditunjukkan melalui program-programnya.

B. Tujuan


o            Supaya kita mengetahui Bagaimana arah politik dalam partai Golkar.
o            Memahami lebih lanjut tentang partai Golkar.






BAB II
PEMBAHASAN
ARAH POLITIK DALAM PARTAI GOLKAR


A.     Arah Politik Partai Golkar

Dalam pembangunan politik, Partai GOLKAR selalu berupaya untuk mewujudkan sistem politik yang demokratis yang tidak bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila yang ditujukan untuk menciptakan kesejahteraan, keadilan, dan kesetaraan seluruh rakyat.  Partai GOLKAR akan memperjuangkan terciptanya iklim politik yang menempatkan rakyat sebagai pemilik nyata kedaulatan.  Dengan demikian arah pembangunan politik ditujukan untuk mewujudkan kehidupan politik yang demokratis dan terbuka yang bertumpu pada kedaulatan rakyat.
Arah perjuangan Partai GOLKAR berorientasi pada program atau pemecahan masalah yang dihadapi bangsa dan negara Indonesia secara dinamis.  Arah Pokok-pokok Program Partai GOLKAR meliputi :
1.      Mempertahankan tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dengan landasan wawasan kebangsaan.
2.       Mengembangkan kehidupan politik Indonesia yang demokratis yang diabdikan bagi kepentingan rakyat, bangsa, dan negara Indonesia.
3.      Membangun hubungan luar negeri yang bebas dan aktif yang diabdikan bagi kepentingan nasional.
4.      Memberdayakan rakyat di daerah dengan mendayagunakan otonomi daerah bagi pengembangan potensi daerah untuk kepentingan kesejahteraan rakyat.
5.      Meningkatkan daya saing ekonomi bangsa serta mengembangkan sistem ekonomi kerakyatan untuk memperluas kesempatan kerja dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.
6.      Mengembangkan kehidupan sosial budaya yang diabdikan untuk memantapkan kehidupan rakyat Indonesia yang harmonis.
7.      Menciptakan tata kehidupan publik yang mapan (stable public order) dengan mengembangkan ketertiban publik dengan meningkatkan pembangunan sistem hukum nasional yang memenuhi kebutuhan, pengingkatan kualitas dan kuantitas aparat penegak hukum menjadi organ yang profesional, bersih, dan berwibawa.
Partai GOLKAR mengarahkan seluruh perjuangannya untuk  melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, mencerdaskan kehidupan bangsa, mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia dan ikut menciptakan perdamaian dunia dalam 5 (lima) aspek kehidupan yaitu : (1) ideologi, (2) politik, (3) ekonomi, (4) sosial budaya, serta (5) pertahanan dan keamanan.

1.  Ideologi
Partai GOLKAR akan tetap dan terus konsisten menjadi benteng terdepan dalam mempertahankan Pancasila dan jiwa Undang-Undang Dasar 1945 sebagai landasan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.  Partai GOLKAR juga akan menata pelaksanaan pembangunan berdasarkan nilai-nilai Pancasila dan jiwa dari naskah asli Undang-Undang Dasar 1945. 
 
2.       Ekonomi
      GOLKAR mengarahkan pembangunan ekonomi berdasarkan sumberdaya ekonomi nasional, memanfaatkan globalisasi dan menangkal dampak negatifnya,  menjunjung tinggi kaidah-kaidah perekonomian dunia, bagi terciptanya kesejahteraan yang adil dan merata bagi seluruh rakyat.
Atas prinsip tersebut Partai GOLKAR akan menggunakan strategi double track yaitu ekonomi rakyat pada downstream dan sistem ekonomi pasar sebagai upstream.  Mengedepankan pembangunan ekonomi rakyat sebagai bagian dari sistem perekonomian nasional dalam bentuk sistem perekonomian rakyat yang dilaksanakan dengan memberdayakan sepenuhnya kemampuan masyarakat luas serta mendayagunakan sumberdaya alam lingkungan sebagai basis kekuatan perekonomian negara.

3.  Sosial Budaya
Kondisi sosial budaya yang diharapkan terwujud adalah terciptanya kondisi masyarakat yang memberikan penghargaan terhadap profesionalisme (karya dan kekaryaan) yang menjunjung tinggi etika, moral, dan nilai-nilai agama.
Sebagai bangsa yang majemuk, Partai GOLKAR berkeyakinan untuk dapat meningkatkan harkat dan martabat bangsa agar menjadi bangsa yang kuat (strong nation) dan mulia dengan ciri masyarakat yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, terampil, memiliki etos kerja yang tinggi, memiliki disiplin yang tangguh, dan etika yang terpuji.     

4.  Pertahanan dan Keamanan
Partai GOLKAR berjuang untuk mewujudkan kondisi pertahanan dan keamanan yang menempatkan ketahanan bangsa sebagai basis pertahanan dan keamanan negara yang tujuannya adalah mempertahankan tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.  Untuk itu Partai GOLKAR akan membangun unsur-unsur ketahanan bangsa yaitu ketahanan ideologi, ketahanan politik, ketahanan ekonomi, ketahanan sosial budaya, dan ketahanan hankam sendiri secara bersama-sama dan seimbang.
Pembangunan aspek pertahanan dan keamanan ditujukan untuk mempertahankan tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 yang berlandaskan pada wawasan kebangsaan.





BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan


arah perjuangan Partai GOLKAR yang meliputi aspek ideologi, politik, hukum, pertahanan, keamanan, ekonomi, serta sosial dan budaya.  Setelah itu, dilanjutkan dengan menerangkan bagaimana Partai GOLKAR akan mengelola pembangunan nasional dan bagaimana Partai GOLKAR akan menyelesaikan krisis multi dimensi dengan pendekatan yang komprehensif.


B.Saran

Adapun saran yang bisa penulis berikan :
1.Kepada semua pembaca bila mendapat kekeliruan dalam makalah ini harap bisa meluruskannya.
2.Untuk supaya bisa membaca kembali literatur-literatur yang berkenaan dengan pembahasan ini sehingga diharapkan akan bisa lebih menyempurnakan kembali pembahasan materi dalam makalah ini.







DAFTAR PUSTAKA


  1. McLeod, Raymond,Partai Politith ed., Prentice Hall
      New Jersey, 1998.
  1. McNurlin, Barbara C,; Sparague, Ralph H Jr.,Arah Politik
, 4th ed., Prentice Hall, New Jersey, 1998.
3.  Tanutama, Lukas; Politik, PT. Elex Media Komputindo
            Jakarta, 1995.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

    • Popular
    • Categories
    • Archives